Alat komunikasi tradisional – Alat komunikasi sudah ada sejak zaman kuno hingga sekarang. Namun, perbedaannya adalah bahwa pada zaman kuno alat komunikasi yang ada tidak secanggih dan sekuat sekarang ini.

Di masa lalu, alat komunikasi yang ada tidak sebesar seperti sekarang, tetapi karena alat komunikasi, mereka akhirnya membuat para ilmuwan lebih antusias dalam bersaing dan menciptakan objek atau alat komunikasi yang lebih berguna bagi semua orang.

Nah, apa alat komunikasi tradisional di dunia? Ayo, mari kita lihat berbagai jenis alat komunikasi tradisional melalui diskusi rumus.co.id kali ini!

Definisi Peralatan Komunikasi Tradisional

Alat Komunikasi Tradisional
Alat Komunikasi Tradisional

Alat komunikasi tradisional adalah alat komunikasi yang tidak memerlukan listrik atau jaringan sinyal. Namun, alat ini hanya menggunakan suara, energi makhluk hidup, serta tulisan yang bertindak sebagai perantara.

Fungsi alat komunikasi tradisional cukup sederhana, karena untuk mengirimkan pesan kepada seseorang atau kelompok, alat komunikasi ini hanya didasarkan pada metode manual, seperti tulisan, orang atau hewan untuk mengirimkan pesan, dan sebagainya.

Peralatan komunikasi tradisional

Ada berbagai jenis alat komunikasi tradisional dalam peradaban manusia. Berikut ini adalah beberapa alat yang masih digunakan sampai sekarang, yaitu:

Lonceng dan Kentongan

Bells dan Kentongan adalah instrumen tradisional yang digunakan menggunakan suara yang dihasilkan oleh instrumen. Kentongan masih sering digunakan dalam patroli pos atau untuk membangunkan makanan.

Sementara itu, bel masih sering digunakan di beberapa sekolah dan gereja.

Asap

Asap adalah salah satu cara komunikasi yang paling efektif untuk digunakan ketika tersesat di hutan.

Dengan menyusun asap dengan cara terstruktur, orang yang melihat asap akan memahami bahwa itu adalah pesan yang digunakan untuk meminta bantuan.

Pigeon Post

Pigeon Post adalah salah satu media komunikasi di zaman kuno yang mengandalkan layanan hewan untuk menyampaikan pesan kepada seseorang.

Mungkin Anda sudah pernah melihatnya di film yang dibuat pada zaman kuno, yang menggunakan burung untuk mengirim pesan kepada seseorang.

Far Leaf

Daun Lontar adalah salah satu media yang digunakan untuk menulis surat atau pesan untuk dikirim ke orang lain. Pada zaman kuno, kertas belum ada, jadi Masayarkat mengandalkan daun untuk mengirim pesan.

Tidak hanya itu, orang-orang yang hidup di zaman kuno, menggunakan daun palem ini untuk menulis pemberitahuan atau pengumuman yang akan dikirimkan ke banyak orang.

Telepon di dalam kotak

Cans Phone adalah kaleng yang terhubung melalui utas sehingga dapat mendengar suara seseorang dari kejauhan dan alat ini juga merupakan alat komunikasi tradisional.

Namun, jarak ke instrumen ini tidak begitu jauh, paling hanya 5 hingga 10 meter.

Surat

Surat adalah salah satu media paling populer saat ini. Namun, orang-orang kuno menggunakan surat itu dengan menuliskannya di atas kertas atau di atas daun, sebenarnya butuh waktu lama sebelum surat itu sampai ke penerima.

Kadang-kadang bisa memakan waktu hingga satu bulan atau lebih, semua ini ditentukan oleh ketersediaan transportasi dan juga oleh jarak tempuh yang ada.

Terompet

Sangkakala adalah salah satu alat komunikasi yang hampir sama dengan bel, yang berfungsi sebagai sarana untuk mengirimkan informasi kepada masyarakat jika ada pesan penting.

Bedug

Bedug juga merupakan perangkat komunikasi tradisional dalam kayu tubular dan kulit kambing. Kulit kambing digunakan sebagai permukaan drum yang akan dipukuli dengan tongkat kayu tumpul.

Instrumen ini tidak hanya digunakan di Indonesia, tetapi di Jepang ada juga instrumen tradisional yang seperti drum yang disebut wakaido.

Di Indonesia, drum digunakan sebagai undangan untuk berdoa sebelum ajakan sholat.

Telegrap

Telegraph adalah alat tradisional berbasis teknologi telegraf untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Secara umum alat ini menggunakan Morse sebagai kode komunikasi.

Alat ini juga menggunakan listrik sebagai sumber energi. Namun, masih termasuk dalam kategori peralatan komunikasi tradisional.

Terompet shell

Terompet kerang adalah salah satu peralatan komunikasi tradisional dalam bentuk kerang yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya, siput.

Namun, benda ini kini telah digunakan sebagai oleh-oleh atau aksesori.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan tambahkan wawasan baru untuk kita semua.