American Academy of Dermatology menyatakan bahwa psoriasis mempengaruhi tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan pertumbuhan sel-sel kulit baru begitu cepat sehingga menyebabkan kulit menebal, bersisik dan gatal. Lantas bagaimana cara mengobati psoriasis pada anak? Lihatlah penjelasan berikut.

Anak-anak memiliki kulit sensitif, sehingga mudah iritasi. Jika anak menderita psoriasis, itu berarti tingkat sensitivitas kulit bayi lebih tinggi dan memerlukan perawatan ekstra.

Psoriasis memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah psoriasis plak dan guttate. Kedua jenis psoriasis ini sangat umum pada bayi dan anak-anak. Pada plak psoriasis, kulit di sekitar lutut, siku, punggung dan kulit kepala akan muncul erupsi bersisik yang disebut plak.

Sementara guttate akan menyebabkan bintik-bintik kecil meradang merah pada kulit di sekitar punggung, lengan, kaki atau di seluruh tubuh. Psoriasis ini kemungkinan besar dipicu oleh infeksi bakteri streptokokus.

Guttate dapat disembuhkan dalam beberapa bulan dengan mengobati infeksi bakteri streptokokus. Ini berbeda dari psoriasis plak yang tidak dapat disembuhkan.

Meskipun plak psoriasis tidak dapat disembuhkan, Anda dan keluarga Anda dapat berhati-hati untuk meringankan gejala psoriasis pada bayi baru lahir dan mencegah memburuknya mereka.
Perawatan medis untuk psoriasis pada bayi baru lahir

Psoriasis Pada Bayi

Sebelum menjalani perawatan, dokter akan memeriksa kulit tubuh, kuku dan kulit kepala anak. Dokter kemudian akan mengambil sampel kulit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jika diagnosis psoriasis dibuat, dokter akan memberikan perawatan.

Perawatan psoriasis pada anak-anak tidak sama dengan pada orang dewasa. Kemungkinan dosis obat akan berkurang dan pemilihan obat akan disesuaikan dengan usianya. Obat-obatan yang diberikan oleh dokter meliputi:

Obat topikal. Sebagian besar anak-anak dengan psoriasis ringan dapat diobati dengan obat-obatan topikal dalam bentuk krim, lotion atau salep yang mengandung kortikosteroid, belangkin, anthralin, dan kalsipotrien.
Obat antihistamin. Obat ini umumnya digunakan untuk mengobati alergi. Namun, itu juga dapat digunakan untuk meringankan gejala psoriasis, yaitu kulit yang gatal.

Terapi cahaya. Pengobatan psoriasis pada bayi baru lahir dilakukan jika penyakit ini telah menyebar hampir di seluruh tubuh anak. Dengan demikian, perawatan ini umumnya dilakukan jika perawatan sebelumnya tidak menunjukkan kemajuan. Kulit anak dengan psoriasis akan menerima sinar UV buatan atau laser.

Selain perawatan medis, perawatan di rumah juga diperlukan. Perawatan akan fokus pada merawat kulit bayi agar tetap sehat. Beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah, termasuk:

Pilih produk perawatan kulit, seperti sabun, sampo, dan pelembab yang diformulasikan untuk anak-anak. Hindari produk yang mengandung wewangian, pengawet, pewarna, dan diberi label hypoallergenic.

Seringkali mengoleskan pelembab pada kulit bayi setelah mandi atau setelah membersihkan kulit bayi. Pelembab dapat menghambat kelembaban sehingga kulit bayi tidak kering dan gejala psoriasis tidak bertambah buruk.
Jaga agar kulit bayi bersih dan kering. Pastikan udara di sekitar bayi tidak terlalu panas atau dingin karena keduanya dapat memicu dan memperburuk gejalanya.

Selain mengobati psoriasis pada anak-anak di atas, jangan lupa membawa anak Anda untuk pemeriksaan medis secara teratur. Tujuannya adalah untuk mencari tahu tentang pengembangan obat dan memantau kesehatan tubuh anak secara keseluruhan.

Baca Juga :